Dari Kecantikan Hingga Stroke

Dari Kecantikan Hingga Stroke

Salah satu jenis sayuran nan paling sering dimanfaat buat lalapan makanan ialah ketimun. Buah nan banyak mengandung air ini rasanya segar dan cocok sebagai lalapan atau pendamping sambal. Apalagi kegunaan buah ketimun ini juga sangat besar, baik buat menjaga kesehatan tubuh maupun buat perawatan kulit tubuh.



Nilai Nutrsi

Buah ketimun atau cucumis sativus L merupakan buah sayuran berbentuk lonjong berwarna hijau tua. Dalam 100 gram berat ketimun terdapat berbagai kandungan gizi nan terdiri dari energi sebanyak 12 kalori, protein (0,7 gr), lemak (0,1 gr), karbohidrat (2,7 gr), kalsium (22 mg), fosfor (17 mg), besi (0,4 mg), vitamin B1 (0,02 mg), B2 (0,02 mg), C (10 mg), niacin (0,1 mg), dan serat (0,5 gr). Lebih lengkapnya, simak tabel di bawah ini :

Prinsip Gizi Nilai Persentase RDA

Energi 15 Kcal <1%

Karbohidrat 3,63 g 3%

Protein 0,65 g 1%

Total lemak 0,11 g 0,5%

Kolesterol 0 mg 0%

Serat 0,5 g Dietary 1%

vitamin

Folates 7 mg 2%

Niacin 0,098 mg <1%

Asam pantotenat 0.259 mg 5%

Pyridoxine 0,040 mg 3%

Riboflavin 0,033 mg 3%

Thiamin 0,027 mg 2%

Vitamin A 105 IU 3,5%

Vitamin C 2,8 mg 4,5%

Vitamin E 0,03 mg 0%

Vitamin K 16,4 mg 13,6%

elektrolit

Sodium 2 mg 0%

Kalium 147 mg 3%

Mineral

Kalsium 16 mg 1,6%

Besi 0,28 mg 3,5%

Magnesium 13 mg 3%

Mangan 0,079 mg 3,5%

Fosfor 24 mg 3%

Seng 0,20 mg 2%

Phyto-nutrisi

Karoten-ß 45 mg -

Crypto-xanthin-ß 26 mg -

Lutein-zeaxanthin 23 mg -.

Selain itu dalam buah ketimun juga terdapat asam linoleat nan berfungsi sebagai anti tumor dan anti kanker. Karena itu tidak heran jika ketimun sering disajikan bersamaan dengan menu sate atau daging, khususnya nan dibakar, sebab bisa menetralisir karbon dalam daging nan terjadi saat pembakaran dengan arang sate.

Buah ini juga berguna buat menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi gangguan ginjal, serta mengatasi demam. Kandungan mineral dalam buah sayuran ini juga bisa digunakan buat mengatasi sariawan dan sakit tenggorokan, serta memberikan kesegaran mulut.

Manfaat buah ketimun juga didapat dari bijinya nan berwarna putih lunak nan diketahui mengandung alkaloid dan berguna buat mengatasi penyakit cacingan.



Dari Kecantikan Hingga Stroke

Buah ini juga sangat dikenal di kalangan wanita sebab sangat berguna buat merawat kulit dan menambah kecantikan tubuh. Diantaranya buah ketimun dikenal rendah kalori sehingga sangat baik buat mengatasi kelebihan lemak dalam tubuh.

Buah ini juga banyak dimanfaatkan buat mengatasi jerawat, menghaluskan kulit wajah, mengurangi kelelahan mata. Berikut beberapa cara mengambil kegunaan buah ketimun buat kecantikan :

  1. Cuci higienis buah ketimun dan makan layaknya makan buah secara teratur. Ini sangat berguna bagi wanita buat membakar lemak nan hiperbola dan juga menjaga kesegaran tubuh.
  2. Potong atau iris buah ketimun berdasarkan diameternya, lalu tempelkan pada mata atau jerawat di paras selama beberapa saat. Ulangi selama beberapi hari hingga menampakkan hasilnya.
  3. Parut buah ketimun lalu peras airnya hingga sisakan setengahnya, lalu tempelkan hasil parutan ke paras sebagai masker. Diamkan beberapa lama. Lebih baik kalau perawatan semacam ini dilakukan saat malam hari. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Maka paras akan terasa segar dan paras lebih cerah. Sedangkan air perasan bisa diminum buat menyegarkan mulut dan tenggorokan.
  4. Buah ini ialah salah satu sayuran kalori nan sangat rendah, hanya menyediakan 15 kalori per 100 g. Ini tak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Kupas Ketimun merupakan sumber nan baik serat nan membantu mengurangi sembelit, dan menawarkan beberapa konservasi terhadap kanker usus dengan menghilangkan senyawa beracun dari usus.
  5. Buah ini ialah sumber nan sangat baik dari potasium, elektrolit intraselular penting. Kalium ialah elektrolit jantung nan ramah, membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung dengan melawan imbas sodium.
  6. Ketimun berisi unik anti-oksidan dalam rasio nan baik seperti ß-karoten dan α-karoten, vitamin C, vitamin A, zea-xanthin dan lutein. Senyawa ini membantu bertindak sebagai pemulung protektif terhadap oksigen nan diturunkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) nan berperan dalam penuaan dan proses berbagai penyakit.
  7. Ketimun memiliki properti diuretik ringan mungkin sebab air nan tinggi dan kandungan kalium, nan membantu dalam memeriksa berat badan dan tekanan darah tinggi.
  8. Ketimun secara mengejutkan memiliki jumlah tinggi vitamin K, menyediakan sekitar 17 mg vitamin ini per 100 g. Vitamin-K telah ditemukan memiliki peran potensial dalam kekuatan tulang dengan mempromosikan osteotrophic (bangunan massa tulang) aktivitas. Hal ini juga telah membentuk peran dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.


Manfaat Kesehatan Lainnya

1. Kandungan air nan tinggi dan serat makanan dalam ketimun sangat efektif dalam membersihkan tubuh dari racun dari sistem pencernaan, membantu pencernaan. Konsumsi harian ketimun bisa dianggap sebagai obat buat sembelit kronis.

2. Rehydrates tubuh dan mengisi ulang vitamin sehari - Ketimun nan 95 persen air, menjaga tubuh terhidrasi sambil membantu tubuh menghilangkan racun. Ketimun memiliki sebagian besar vitamin nan dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Jangan lupa buat meninggalkan kulit pada kulit sebab mengandung jumlah nan baik dari vitamin C.

3. Kulit dan perawatan rambut - Jika Anda tak suka makan mentimun, tidak usah di makan, jadikan barang fasial nan bisa digunakan buat penyembuhan iritasi kulit dan sengat matahari. . Tempatkan sepotong atas mata bengkak dan sifat anti-inflamasi membantu mengurangi bengkak. Silikon dan sulfur dalam ketimun membantu merangsang pertumbuhan rambut.

4. Melawan kanker - Ketimun nan diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiga lignan memiliki sejarah nan kuat dari penelitian sehubungan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat.

5. Perawatan rumah - Menghilangkan cermin berkabut. Sebelum mandi, menggosok sepotong ketimun sepanjang cermin dan akan menghilangkan cermin jadi berkabut. Alih-alih , mengambil irisan ketimun dan gosokkan sepanjang engsel berderit dan pintu Anda akan berhenti mencicit berderit derit.

6. Meredakan bau mulut - Ambil seiris ketimun dan tekan ke langit-langit mulut Anda dengan lidah Anda selama 30 detik, phytochemcials akan membunuh bakteri di mulut Anda bertanggung jawab buat menyebabkan bau mulut.

7. Obat penenang - Untuk menghindari mabuk pagi atau sakit kepala, makan beberapa iris ketimun sebelum tidur. Ketimun mengandung cukup vitamin B gula, dan elektrolit buat menambah nutrisi krusial banyak, mengurangi intensitas baik mabuk dan sakit kepala.

8. Membantu menurunkan berat badan dan pencernaan - Karena rendah kalori dan kandungan air nan tinggi, ketimun ialah diet nan ideal buat orang-orang nan mencari buat menurunkan berat badan.

9. Mengobati diabetes, mengurangi kolesterol dan tekanan darah kontrol - Jus Ketimun mengandung hormon nan dibutuhkan oleh sel-sel pankreas buat memproduksi insulin nan telah ditemukan buat menjadi bermanfaat bagi pasien diabetes.

Para peneliti menemukan bahwa senyawa nan disebut sterol dalam ketimun bisa membantu mengurangi kadar kolesterol. Ketimun mengandung banyak kalium, magnesium dan serat. Ini bekerja efektif buat mengatur tekanan darah. Hal ini membuat ketimun nan baik buat mengobati kedua tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

10. Manfaat buah ketimun lainnya ialah Meningkatkan kesehatan sendi, mengurangi nyeri artritis rhematik dan-Ketimun merupakan sumber nan sangat baik dari silika, nan dikenal buat membantu membawa kesehatan sebab mampumemperkuat jaringan ikat.

Buah ini juga kaya akan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium. Ketika dicampur dengan jus wortel, mereka dapat meredakan encok dan nyeri artritis dengan cara menurunkan kadar asam urat

advertisements

Tips Sehat

advertisements