Listrik

Listrik

Macam-macam bahan bakar nan kita ketahui selama ini ialah minyak tanah, bensin, premium, solar, dan bahan bakar nan generik dan biasa kita pakai. Dari macam-macam bahan bakar ini, tahukah Anda kandungan apa saja di dalamnya? Tidak ada salahnya Anda mengetahui macam-macam bahan bakar, kandungan, dan kegunaannya bagi kehidupan manusia.

1. Batu Bara

Batu bara termasuk dalam bahan bakar padat nan biasanya digunakan buat bahan bakar alat transportasi dan industri. Batu bara berasal dari fosil nan terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan dan mengalami pembusukan selama berjuta-juta tahun. Kandungan nan terdapat dalam batu bara ialah karbon, belerang, dan hidrogen bebas. Makin muda umur batu bara, makin besar kandungan unsur hidrogennya

2. Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan bahan bakar cair nan lebih dikenal dengan minyak mentah. Minyak bumi terdiri dari campuran berbagai zat, seperti paraffin, naphtena, olefin, dan aromatik. Hasil penyulingan minyak mentah ini akan menghasilkan bensin, premium, kerosene atau minyak tanah, solar, dan lain-lain.

3. Bensin

Bensin dikenal pula dengan nama gasoline atau premium. Sifat nan sangat krusial pada gasoline ialah dikenalnya angka oktana. Angka oktana yaitu angka nan menyatakan besarnya kadar isooktana dalam campurannya dengan normal heptana. Semakin baik angka oktana di dalam bensin, akan semakin baik kerjanya bagi mesin.

Bensin digunakan buat mesin industri berbahan bakar bensin, kendaraan roda dua maupun roda empat, dan berbagai mesin nan menggunakan bahan bakar bensin.

4. Kerosen

Yang termasuk dalam kerosene ialah minyak tanah dan avtur. Minyak tanah, biasanya, digunakan sebagai bahan bakar rumah tangga, yaitu bahan bakar kompor, bahan bakar kapal laut, dan penerangan lampu kereta barah di masa lalu.

Sementara itu, avtur digunakan sebagai bahan bakar turbin gas pada pesawat terbang. Yang terkandung dalam kerosene ialah hidrokarbon aromatik nan menyebabkan asap dan disulfide nan menyebabkan kabut putih saat pemakaian.

5. Bahan Bakar Diesel

Bahan bakar diesel dikenal pula dengan nama solar. Solar biasanya digunakan buat mengoperasikan mesin-mesin diesel. Mutu solar ditentukan oleh angka nan disebut angka cetana. Semakin tinggi angka cetana, makin tinggi pula daya kerja solar pada mesin diesel. Angka cetana ialah besarnya volume cetana dalam campurannya dengan metilnaphtalen.

6. Minyak Residu

Biasanya, minyak sisa digunakan buat ketel uap. Pemakaian minyak sisa tak menimbulkan korosi dan kerusakan pada mesin, tak menimbulkan abu. Minyak sisa biasa digunakan pada:

  1. tanur dalam industri semen, industri kimia, dan industri baja;
  2. pembangkit tenaga listrik; dan
  3. turbin gas.


Bahan Bakar Alternatif

Bukan misteri lagi sekarang bahwa pemanasan dunia bukan lah mitos, dan telah menjadi ancaman serius sehingga membuat para pemimpin global buat menemukan dan mengeksplorasi bahan bakar alternatif nan berbeda buat kendaraan nan ada.

Karena telah menjadi pemandangan generik buat melihat ciptaan mekanik ini meludah dan memuntahkan asap dan bahan kimia berbahaya lainnya ke lingkungan, dan imbas dari tekanan pada atmosfer itu akan melumpuhkan kita cepat atau lambat.

Selain itu, ini ialah semua sumber energi terbarukan tidak, ini akan memakan waktu jutaan tahun buat mengisi minyak bumi dan gas alam dan sejenisnya setelah semua sumber nan tersedia telah dikosongkan dan diisap sampai kering.

Oleh sebab itu perlu bagi manusia buat menemukan beberapa tindakan alternatif dan bahan bakar ialah semua saat ini lebih mendesak, dan sudah saatnya pemerintah kita mulai serius memeriksa situasi ini.



Contoh Bahan Bakar Alternatif

Revolusi Industri dan kemajuan lebih lanjut telah menyebabkan penurunan mantap dalam jumlah bahan bakar konvensional nan tersedia bagi kita, dan hal ini lebih diperparah kebutuhan buat berbagai jenis bahan bakar alternatif buat mobil. Pendayagunaan dan monopoli dinikmati oleh kartel minyak dari Timur Tengah ialah alasan lain mengapa kita perlu menemukan beberapa sumber lain sesegera mungkin.

Ada berbagai jenis bahan bakar alternatif nan bisa digunakan saat ini, tetapi faktanya ialah bahwa tak semua dari mereka ialah layak buat digunakan dalam skala besar. Berbagai faktor seperti sumber bahan bakar, ketersediaan grosir, ketersediaan ritel, kapasitas distribusi dan pro dan kontra alternatif bahan bakar berbagai nan spesifik berlaku buat itu juga perlu dipertimbangkan.

Berdasarkan studi kelayakan semua faktor nan bisa menentukan bagaimana sumber eksklusif dari bahan bakar alternatif akan berguna dan efektif. Berikut ialah beberapa pilihan nan tentu saja layak dipelajari secara rinci, buat menemukan solusi hemat dan efektif buat masalah dunia nan kita hadapi saat ini.



Listrik

Ini jelas masa depan semua mobil di dunia, namun harga tinggi infrastruktur dan kelangkaan listrik di banyak negara merupakan batu sandungan utama. Masalah-masalah ini pada akhirnya akan diselesaikan dengan skala ekonomi, dan segera semua prototipe mobil listrik nan merek mobil primer keluar, akan menjadi Norma baru di seluruh dunia.

Dengan teknik implementasi nan tepat, sumber energi terbarukan buat menghasilkan listrik nan segera bisa dimanfaatkan, dan ini akan mengubah paras bumi selamanya.



Etanol atau metanol

Alternatif ini varian alkohol, dan bisa dihasilkan dari gas alam atau karbon lainnya nan mengandung sumber daya alam. Masa depan mereka ialah berkat sangat cerah dengan taraf polusi rendah lingkungan nan mereka memancarkan, dan banyak kendaraan dan proyek sudah melibatkan penggunaannya.

Etanol jauh lebih murah buat pengadaan, tetapi bahan ini buat sebagian besar bergantung pada cadangan gas alam. Jadi cepat atau lambat, metanol dan etanol juga akan habis kecuali beberapa alternatif sumber terpercaya bagi mereka ditemukan.



Hidrogen

Hidrogen saat ini diproduksi dengan memecah gas alam dan sumber daya lainnya seperti. Namun sumber terbesar dari hidrogen ialah air, dan sekali kita mencari cara buat mengekstrak hidrogen dan menggunakannya sebagai sumber bahan bakar ini akan menguasai global selama bertahun-tahun nan akan datang.

Air tak akan ppernah langka di planet kita, dan ini mungkin merupakan sumber dengan hasil maksimal potensial dari semua jenis bahan bakar alternatif buat mobil nan dapat kita gunakan. Banyak studi penelitian ilmiah dan masih diperlukan, tetapi masa depan jelas terlihat cerah buat opsi ini.



Biodiesel

Sumber lain terbarukan besar ialah biodiesel nan dibuat dengan mengolah dan mengekstrak energi dari berbagai macam tanaman dan sayuran. Oleh sebab suplai nya juga tak akan pernah berjalan singkat, dan menurunnya taraf emisi bisa menjadi laba besar bagi kami. Satu-satunya hal menahan kita di sini ialah biaya biofuel dan biaya mesin dan peralatan nan bisa mengekstrak sejumlah besar energi biomassa dibuang dari berbagai sumber.

Bahan bakar alternatif lainnya seperti propana, gas alam terkompresi (CNG), gas alam cair (LNG) dan bahan bakar hibrida juga bisa digunakan. Kita harus segera bertindak, sebelum kerusakan alam mencapai proporsi ireversibel dan permanen.

Menjelajahi dan memanfaatkan macam macam bahan bakar alternatif akan menguntungkan kita dalam banyak hal, dan itu ialah tanggung jawab kita buat memastikan bahwa planet ini tak disalahgunakan lagi dari nan sudah ada.

advertisements

Tips Sehat

advertisements