Manisnya Kue Nastar

Manisnya Kue Nastar

Kue kering nan terbuat dari adonan mentega, telur serta adonan tepung terigu nan disertai dengan selai dari buah nanas namanya ialah nastar. Betul? Tentu saja betul. Nastar sendiri kata asalnya dari bahasa Belanda yaitu terdiri dari kata ananas serta tart . Karakteristik dari kue jenis ini ialah sebab memilki bentuk bulat, kebanyakan diameternya kira-kira 2 cm. Lalu tak lupa cengkeh atau potongan kismis dijadikan pemanis di atas kue ini.



Manisnya Kue Nastar

Nastar memang lazimnya diberi isi selai dari buah nanas namun ada variasi baru nan dikeluarkan oleh ibu-ibu nan bahagia memasak di antaranya selai bluberi, selai stoberi, serta selai dengan rasa nan lainnya. Pada hari raya lebaran Idul Fitri kue jenis ini dihidangkan sebagai salah satu cemilan wajib.

Bukan hanya lebaran, pada acara tahun baru imlek, saat natal tiba, hampir semua waktu di hari raya atau besar menyediakan kue nan identik dengan kue nanas ini. Anda bisa mendapatkan kue ini dengan mudah di toko-toko kue, toko-toko roti, ataupun di pasar swalayan nan dijual dengan kemasan toples.

Anda dapat mencoba membuatnya di rumah bila punya waktu luang. Dalam pembuatan kue selai nanas ini wajar bila ada masalah nan terjadi dalam prosesnya. Misalnya ketika hasil kue nan Anda untuk itu bentuknya mekar dalam ukuran nan besar. Selain itu juga terdapat retakan pada kue tersebut.

Salah satu kendala nan Anda alami ialah ketika Anda harus membuat semua kue dengan ukuran nan sama antara nan satu dengan nan lainnya. Tidak mungkin Anda harus menimbang adonan tiap bulatannya satu-satu agar mendapatkan ukuran nan sama, bukan? Oleh sebab itu, diperlukan keahlian buat ini.

Bila timbul keretakan dengan permukaan nan ada pada kue selai nanas nan Anda untuk ini mungkin disebabkan oleh isian selai nan Anda masukan pada kulit adonannya terlalu banyak, padahal kulitnya tipis. Masukkan selai nanas secukupnya, agar adonan roti tak pecah.

Agar proses pembuatannya lebih mudah, sebaiknya bulan-bulatkan dahulu selai nan akan dimasukkan. Jika perlu, masukkan selai ke dalam lemari es terlebih dahulu. Karena, dengan demikian, kadar kelengketan selai nanas protesis sendiri menjadi sedikit berkurang.

Anda juga harus mengatur oven, jangan sampai oven itu terlalu panas. Suhu nan diperlukan sekitar 150 C sampai dengan 160 C. Namun ini juga bergantung dari oven nan Anda pakai.

Dalam membuat kue selai ini, Anda juga harus memilih tepung terigu nan tepat. Yaitu tepung terigu nan memang spesifik disediakan buat membuat kue.

Nastar memang salah satu jenis kue nan sudah dikenal banyak orang terutama di Indonesia. Kue nan diisi dengan selai nanas pada bagian dalamnya ini memang sangat terkenal. Hal nan membuat kue nastar ini khas, selain tentu saja isian selainya, juga tambahan cengkeh nan biasa ditancapkan di atasnya.

Bentuk kue isi selai nanas ini umumnya memang berbentuk bulat, menggunung membentuk setengah lingkaran. Namun, jika Anda ingin membuat kue nastar dengan bentuk lain, hal itu juga tak menjadi soal. Justru, ini semakin baik, sebab varian kue isi selai ini semakin banyak.

hal nan cukup menyulitkan dalam proses pembuatan kue ini dapat jadi ialah saat membuat selai nananya. Selai nanas nan lengket saat dibulatkan, menjadi hambatan nan tak menyenangkan bagi Anda nan memang tak terlalu menyukai berkotor-kotor saat memasak.

Membuat kue selai nanas ini tak memerlukan cetakan, nan digunakan ialah jari-jari tangan Anda. Jangan kaget bila terjadi retakan pada penampilan kue Anda saat matang nanti. Keretakan tersebut disebabkan sebab proses pengadukan adonan nan tak rata, juga adonan nan kurang dipadatkan ketika selai dimasukkan.



1. Resep Kue Nastar I

Bahan:

  1. Telur (bagian kuningnya saja) 4 butir buat adonan
  2. Telur (bagian kuningnya saja) 2 butir buat olesan
  3. Margarin atupun mentega butter ½ kg
  4. Tepung terigu ½ kg
  5. Gula halus 100 gr buat kue
  6. Gula pasir 300 gr buat selai
  7. Vanili 1 bungkus
  8. Keju Cheddar maupun keju gauda 100 gr
  9. Kismis 50 gr
  10. Nanas 1 buah
  11. Kayu manis 1 pangkas kecil.

Cara Membuat Selai

  1. Nanas terlebih dahulu dikupas setelah itu Anda parut
  2. Masak gula pasir sampai kental serta juga matang
  3. Anda masukan ke kulkas agar dapat diben tuk menjadi mutiara-mutiara kecil

Cara Membuat Adonan

  1. Siapkan loyang jangan lupa olesi margarine sebagai agar permukaan kue tak lengket.
  1. Gula halus, mentega/margaris dan telur 4 butir dikocok sampai adonan ini mengembang.
  1. Tambahkan adonan dengan parutan keju sebagai campurannya
  1. Vanili serta tergu secara perlahan dimasukan
  1. Aduk terus adonan hingga adonan tersebut bisa dengan mudah dibentuk
  1. Adonan dibentuk tak menggunkan cetakan melainkan menggunkan tangan ukurannya lebih kecil sedikit bila di bandingkan dengan bola golf.
  1. Adonan nan telah dibentuk ditambahkan selai nanas sebagai isinya.
  1. Kismis dibagi menjadi 2 pangkas sampai dengan 4 potong. Satu pangkas kismis itu digunakan buat disimpan di atas kue
  1. Kuning telur dipakai buat olesan pada permukaan kue
  1. Setelah selesai dibentuk dan diberi isi, Anda susun kue tersebut ke dalam loyang nan telah diolesi mentega lalu masukan ke dalam oven.


2. Resep Kue Nastar II (Keju)

Kue selai nanas dengan tambahan keju bukanlah sajian nan asing lagi buat diberikan tamu sebagai jamuannya. Kue ini memang bisa ditemui dengan mudah apalagi saat hari-hari raya seperti natal, hari lebaran maupun pada saat tahun baru tiba. Sebagian besar orang lebih memilih membuat kue ini sebagai makanan nan hadir pada saat spesial. Memang kue selai nanas dengan tambahan keju akan terasa semakin lezat dan nikmat.

Resep Bahan Nastar Keju:

  1. Margarine 175 gr
  2. Telur (bagian kuningnya saja) 3 butir
  3. Keju edam parut 150 gr
  4. Garam ¼ sendok teh
  5. Tepung terigu nan telah di ayak 175 gr
  6. Tepung maizena 30 gr
  7. Telur (bagian kuningnya saja) 1 butir sebagai olesan sinkron keinginan Anda
  8. Keju chedar nan telah diparut 25 gr sebagai taburan di atas kue ini namun ini sinkron dengan selera Anda

Selai nanas :

  1. Nanas 1 buah nan sudah diparut
  2. Gula pasir 125 gr
  3. Cengkih 3 butir
  4. Kayu manis kira-kira 3 cm

Cara membuat nastar keju:

  1. Dalam membuat selainya Anda harus memarut nanas terlebih dahulu. Setelah itu masak bersama dengan cengkih, kayu manis serta gula pasir masak sampai semuanya mengering lalu siap buat diangkat.
  1. Anda persiapkan dahulu loyang berbentuk pipih nan diberi olesan dengan margarine agar tak lengket.
  1. Margarin dikocok terus menerus sampai mengembang
  1. Tambahkan tepung maizena serta tepung terigu terus menerus sampai tercampur rata. Garam serta keju edam juga jangan lupa buat ditambahkan, aduk semua hingga rata sehingga nantinya dapat dibentuk dengan mudah
  1. Anda cukup mengambil adonan satu sendok. Adonan nan diambil diberi isian selai nanas, buatlah adonan menjadi bentuk bulat, lalu susun di atas loyang dengan jeda tiap bulatan ,olesi dengan mentega cair lalu beri parutan keju di atasnya
  1. Temperatur 160° ialah suhu nan dipakai saat proses pemanggangan kue ini dengan waktu kira-kira selama 15 menit . Angkat
  1. Sisihkan kue nan telah matang tunggu sampai dingin. Setelah itu simpan kue selai nanas di dalam toples nan rapat akan udara.

Resep varian kue nastar di atas semoga bisa menambah koleksi resep kue Anda. Silahkan dicoba!

advertisements

Tips Sehat

advertisements