Beberapa Manfaat Kulit Buah Pisang

Beberapa Manfaat Kulit Buah Pisang

Anda getol mengonsumsi buah-buahan? Bila Anda hobi, berarti buah pisang juga merupakan salah satu kegemaran Anda. Buah pisang disebut-sebut sebagai raja para buah sebab memiliki kandungan zat bergizi nan lebih tinggi dari buah-buahan tropis lainnya. Bahkan, kulit buah pisang pun memiliki manfaat.

Pisang ialah buah, nan umumnya tumbuh di Asia Tenggara tropis. Kulit pisang juga biasa ditanam di Papua Nugini. Pisang milik genus tanaman herba nan disebut Musa. Ketika kita berbicara tentang pisang, kita asumsikan mereka buat menjadi hanya berwarna kuning, saat masak, namun, ada pisang masak dalam rona ungu dan merah juga.

Ada banyak kegunaan kesehatan pisang dan kulitnya. Ini mengurangi risiko kanker nan berbeda. Kulit pisang kaya vitamin B6, vitamin C, mangan, kalium, dll Kulit pisang juga digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan batu ginjal.

Selain itu, buah pisang dikenal sebagai buah nan paling bersih bila dimakan sebab seseorang nan mengonsumsi pisang dapat kulit pisang kulitnya dengan mudah tanpa menyentuh bagian daging buah pisang dan langsung menyantapnya. Berbeda dengan buah lain nan daging buahnya selalu bersentuhan langsung dengan benda lain, tangan manusia atau pisau pemotong buah, sehingga berpotensi membawa kuman-kuman penyakit.



Kandungan Buah Pisang

Buah pisang kaya akan kandungan vitamin C takaran tinggi dan vitamin B kompleks. Vitamin C membantu metabolisme dan daya tahan tubuh manusia sehingga lebih tahan terhadap perubahan iklim, cuaca maupun stamina tubuh. Sementara vitamin B kompleks, membantu dalam proses pertumbuhan dan penguatan bentuk tubuh manusia.

Lalu, apakah hanya daging buahnya nan bisa dimanfaatkan? Ternyata tidak. Tanaman pisang identik dengan pohon kelapa nan seluruh bagian tanamannya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Yang difokuskan dalam artikel ini ialah pemanfaatan kulit buah pisang nan cukup mengejutkan global melalui kandungan zat nan dimilikinya.



Beberapa Manfaat Kulit Buah Pisang

Menurut banyak penelitian, serat buah pisang kaya akan antioksidan. Selain membantu menjaga berat tubuh nan ideal, meningkatkan daya tahan tubuh orang nan mengonsumsinya. Ternyata, serat dan antioksidan juga terdapat di kulit buah pisang nan selama ini kita anggap sebagai sampah dan harus dibuang.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa kulit buah pisang mampu diolah buat menghasilkan vaksin hepatitis B. Jika vaksin tersebut sukses diproduksi massal, obat hepatitis B selama ini nan harganya cukup sulit dijangkau masyarakat, dapat menjadi alternatif nan murah dan membantu kesembuhan jutaan orang di dunia.

Bahkan, kemungkinan besar ketika vaksin hepatitis B telah dengan mudah diproduksi, vaksin lain seperti cacar dan polio akan mengikuti. Vaksin-vaksin tersebut bisa menjadi obat-obatan nan murah dan mudah diperoleh.

Kulit buah pisang nan selama ini dijadikan bahan tambahan buat pakan ternak herbivora seperti sapi dan kambing, ternyata memiliki potensi lain nan belum dioptimalkan. Kulit buah pisang memiliki kandungan potasium nan sangat tinggi.

Zat ini dibutuhkan tanaman sebagai unsur hara buat pembentukan nutrisi dalam proses fotosintesis. Selain itu, potasium membantu pembuluh tapis atau floem buat mengangkut hasil fotosintesis berupa glukosa atau gula dari daun ke seluruh tubuh tanaman, termasuk buah, sehingga buah memiliki kadar gula cukup tinggi.

Potasium juga bisa memperkuat jaringan tanaman nan terdapat di akar, batang, hingga daun. Potasium mampu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap berbagai penyakit. Sungguh potensi luar biasa dari kulit buah pisang nan selama ini dianggap sebagai sampah dan harus dibuang.

Jadi, jangan buang kulit buah pisang!



Penggunaan Lain buat Kulit Pisang

Kulit pisang ini dikenal sebab sifat antijamur dan antibiotik. Kulit pisang ini juga sarat dengan banyak Vitamin, mineral dan serat.

  1. Psoriasis mempengaruhi sejumlah orang di seluruh tahun. Mereka bisa memanfaatkan kulit pisang buat menyingkirkan kondisi ini. Bagian dalam kulitnya harus digosok pada daerah nan terkena buat pengobatan psoriasis alami. Awalnya daerah akan menjadi merah, namun dengan penggunaan monoton menyebabkan disparitas pada kulit akan terlihat.
  2. Kondisi kulit lainnya, di mana Anda bisa menggunakannya ialah buat pengobatan jerawat. Bagian dalam kulitnya harus digosokkan pada jerawat. Setelah penggunaan rutin kulitnya, jerawat akan tak akan terlihat lagi. Cara terbaik ialah buat menggosok kulit di malam hari, sebelum tidur buat imbas nan lebih baik.
  3. Jika Anda akan hiking, trekking, berkemah, dll dan mendapatkan ruam poison ivy, maka Anda bisa menggunakan kulitnya buat mengobati poison ivy. Gosok bagian dalam pada daerah nan terkena. Setelah beberapa waktu Anda akan melihat bahwa gatal, kemerahan dan peradangan akan menghilang. Dalam beberapa kasus, Anda akan harus mengoleskan kuupasan pisang lagi.
  4. Jika Anda menderita kutil, maka Anda memperoleh kegunaan dari obat ini. Gosok bagian dalam kulit pada kutil setiap malam selama 7 sampai 10 hari. Efeknya akan bagi Anda buat melihat. Bergantian Anda bisa mencoba buat tape kulit pada kutil semalam.
  5. Dan pengobatan kutil plantar ini akan mungkin memakan waktu sekitar 15 hari, tetapi hasilnya dapat dijamin lah buat semua orang nan mau menggunakannya.
  6. Untuk kulit kenyal nan indah, gosokkan bagian dalam kulit di paras Anda sebelum tidur. Biarkan semalam dan mencuci itu keesokan harinya dengan air hangat, aku serius.
  7. Alergi, iritasi kulit dan memar kulit juga bisa diobati dengan penggunaannya. Jika kulit gatal, maka rekaman itu kulit pada daerah nan terkena dan biarkan semalam. Bahan kimia dalam kulit akan membantu dalam menyingkirkan sensasi gatal.
  8. Luka juga bisa disembuhkan dengan kulit pisang, terutama cedera lutut. Gosok lutut dengan itu dan melihat imbas penyembuhan dari kulitnya.
  9. Beberapa orang mengklaim bahwa teratur menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigi membantu dalam pemutihan gigi. Kulit pisang harus digosok pada gigi dalam gerakan melingkar. Jika kulit pisang digunakan sehari-hari, imbas pemutihan gigi akan terlihat dalam waktu sekitar dua minggu.
  10. Bila Anda menderita gigitan nyamuk, kulit teriritasi dan gatal. Pada saat seperti itu, Anda dapat menggunakannya pada gigitan. Ini akan membantu dalam mengurangi pembengkakan dan / atau iritasi nan disebabkan oleh gigitan nyamuk.
  11. Kulit pisang juga bisa digunakan buat menyingkirkan pecahan kulit. Sebuah kulit pisang ditempelkan pada bagian nan sakit akan membantu dalam melarutkan sempalan atau pecahan itu akan bekerja keluar.
  12. Jika Anda memiliki ragam barang terbuat dari perak, kulit, dll, nan Anda ingin bersinar, maka bukan bahan kimia Anda mungkin ingin menggunakan obat ini. Namun, nan terbaik ialah buat melaksanakan uji tempel, sebelum Anda menggunakannya.
  13. Kulit pisang juga bisa digunakan sebagai kompos kebun. Ini ialah bahan nan sarat dan tinggi kalium dan juga fosfor, nan terbukti sangat membantu dalam kompos.

Lain kali pikir pikir lah sebelum Anda membuang kulit buah pisang mengingat jumlah kegunaan penggunaan kulitnya. Semua kegunaan dari kulitnya datang kepada Anda tanpa biaya tambahan.

advertisements

Tips Sehat

advertisements