Peluang Usaha Onde-onde

Peluang Usaha Onde-onde

Siapa nan tak mengenal jajanan pasar berbentuk bulat dihiasi wijen nan cantik disetiap permukaannya. Ketika digigit, di dalamnya terdapat isi kacang. Bahkan jika Anda tak suka dengan kacang, isi di dalamnya dapat kita ganti sinkron dengan selera. Yah siapa lagi jika bukan si onde-onde. Anda salah satu pecinta onde-onde dan ingin membuat sendiri, cara membuat onde-onde tak begitu sulit.



Kandungan Gizi Onde-onde

Onde-onde sebagai jajanan pasar, ternyata bisa menyehatkan. Kulitnya nan empuk dan sedikit renyah memberikan sentuhan kelezatan tersendiri. Apalagi wijen nan bertabur di atasnya menambah harum. Jajanan satu ini menyehatkan sebab onde-onde nan berisi kacang ijo banyak mengandung energi.

Seperti nan telah kita ketahui, kacang hijau memiliki kiandungan kalori cukup besar, yaitu 345 kilo kalori. Tidak hanya itu, kacang hijau juga memiliki protein 22,2 gram, kalsium 125 miligram, fosfor 320 miligram. Kacang hijau merupakan jenis makanan nan membuat kita memiliki energi nan cukup, sebab memiliki kandungna karbohidrat sebesar 62,9 gram. Kandungan vitamin di dalam kacang hijau juga ada, yaitu vitamin A hingga mencapai 157 IU, vitamin B1 dan vitamin C.



Membuat Onde-onde

Setelah mengetahui kegunaan dari kacang hijau di atas, tak ada salahnya jika kita mengonsumsi jajanan onde-onde satu ini. sebab bagus buat perkembangan tubuh. Jika ada jajanan nan menyehatkan, kenapa memilih jajanan nan belum niscaya khasiatnya bukan?

Anda penasaran bagaimana cara mebuat onde-onde bukan? Pertamakali nan harus dipersiapkan sebelum membuat, tentu saja menyiapkan peralatan dapur, mulai dari loyang, kompor, dan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut cara membuat onde.

Bahan-bahan:

  1. Tepung beras ketan 500 gram
  2. Tepung beras 75 gram
  3. 200 gram wijen
  4. ½ sdt vanilla bubuk
  5. Gula pasir 250 gram
  6. Air hangat 150 mili
  7. Sedikit garam
  8. 250 gram Kacang hijau
  9. Gula pasir
  10. Vanilla essence

Cara membuat:

Rendam kacang hijau terlebih dahulu. Ketika direndam, kacang hijau dalam posisi tanpa kulit. Biarkan kacang hijau tersebut selama empat jam di baskom. Siapkan garam ½ sdt dan gula pasir 100 gram. Garam dan Gula pasir hal nan terpenting, tanpa gula dan garam biasanya rasanya tak terasa kuat dilidah. Tidak lupa pula buat menyiapkan ¼ sdt vanilla bubuk.

Cara membuat onde-onde dibagi menjadi dua tahap. Termin pertama yaitu membuat kulit onde-onde, dan termin kedua membuat isi onde-onde. Setelah bahan-bahan terkumpul semua, sekarang kita mulai membuat kulit onde-onde terlebih dahulu.

Bahan nan dipersiapkan buat membuat kulit onde-onde, yaitu tepung beras ketan sebesar 500 gram, dan 75 gram tepung beras saja. Kemudian ambil gula pasir nan sudah disiapkan sebelumnya, di dalam pembuatan kulit onde-onde gunakan gula pasir sebesar 250 gram.

Sebagai perasa dan pemberi aroma, jangan lupa masukkan vanilla nan sudah disiapkan. Gunakan separuhnya saja, ½ sdt vanilla sudah cukup buat adonan kulit onde-onde . Jangan lupa, terakhir memasukkan garam 1 sdt, sebagai penguat rasa. Ketika semua adonan sudah masuk, ratakan terlebih dahulu agar semua bahan nan dimasukkan tercampur menjadi satu.

Jangan lupa memasukkan air hangat 150 ml. Ingat, air ini hanya dipanaskan saja, jangan sampai mendidih. Karena air nan mendidih tak baik buat adonan. Sekiranya sudah hangat, air tersebut diangkat dan tuangkan air tersebut sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Ketika air dimasukkan, adonan harus sambil diratakan, agar adonan tak menggumpal. Lakukan cara seperti ini beberapa kali sampai adonan dapat dipulung.

Jika adonan sudah dapat di pulung ambil dan untuk berbentuk lingkaran kecil, dan buatlah cekungan di tangah sebagai loka adonan kacang hijaunya. Setelah itu baru tutup adonan kembali. Gulung-gulung agar membentuk bola-bola nan rata. Kemudian jangan lupa mencelupkan ke dalam air nan dingin, sebelum akhirnya digulingkan lagi di atas wijen secara merata.

Ambil kacang hijau nan sudah direndam tadi, kemudian tiriskan dan mulailah buat merebus kacang tersebut di atas barah kecil. Biarkan beberapa menit sampai kacang hijau tersebut menjadi empuk. Setelah itu aduk rata bersama dengan gula dan vanilla essence. Jangan berhenti mengaduk sampai benar-benar empuk dan sedikit mongering. Jika sudah mulai mongering maka angkat adonan kacang hijau tersebut. Biarkan kacang hijau dingin. Sebelum digunakan sebagai isi onde-onde.

Isi dan kulit onde-onde telah selesai dibuat, sekarang onde-onde tersebut sudah siap buat di goreng di atas nampan pengorengan. Panaskan minyak terlebih dahulu, selalu kontrol bara apinya. Jangan terlalu besar, gunakan barah kecil ke sedang saja. Masukkan onde-onde, biarkan onde-onde benar-benar mengapung ke atas.

Biasanya ketika onde-onde mengapung rona onde-onde berubah menjadi kekuning-kuningan. Tandanya onde-onde siap buat diangkat dan ditiriskan. Biarkan hingga dingin, siap buat di nikmati bersama keluarga tercinta pastinya.



Peluang Usaha Onde-onde

Onde-onde tidak hanya sebagai camilan kita di rumah, tapi dapat memberikan kita kentungan, jika onde-onde ini kita pasarkan. Apalagi rumah kita dekat dengan pasar, tak ada salahnya menjual onde-onde protesis kita di pasar. Jika malu buat menjualnya, kita dapat tetep menjualnya. Yaitu dengan cara menitipkan onde-onde protesis kita kepada penjual jajanan pasar. Apalagi sekarang banyak jajanan pasar bermunculan di pinggir jalan.

Ketika Anda mulai merintis usaha pembuatan onde-onde, pastikan bahan dasar pembuatan onde-onde merupakan bahan nan berkualitas, jangan pernah tergiur harga bahan nan murah, sebab dapat jadi bahan tersebut telah tidak layak pakai. Jadi selalu perhatikan kualitas dan kesegaran bahan .

Hal tersebut tentu sangat berpengaruh pada saat konsumen mencoba produk kita, jika konsumen kecewa, maka dipastikan usaha nan mulai Anda rintis tidak akan berhasil. Berikan konsumen onde-onde nan lezat, sehat, dan bergizi. Sehingga konsumen tidak akan segan-segan buat kembali dan memberi tahu teman-temannya bahwa onde protesis Anda sangat lezat. Dengan begitu usaha Anda akan berjalan lancar.

Anda salah satu orang nan tak suka dengan isi onde-onde nan terbuat dari kacang hijau? Kacang hijau ini juga dapat diganti dengan isian lain. Onde-onde juga dapat diganti sinkron dengan selera Anda. Bahkan ada pula onde-onde nan terbuat dari kentang, biasanya onde-onde nan terbuat dari kentang ini cocok bagi Anda nan sedang melakukan program diet. Karena kentang sifatnya lebih mengenyangkan perut.

Mungkin ada nan belum dengar onde-onde nan terbuat dari kentang? Cara pembuatannya hampir sama. Hanya ditambah dengan kentang. Jika dibandingkan, rasanya ebih lezat onde-onde nan terbuat dari kentang, sebab teksturnya lebih lembut. Dua pangkas onde-onde pun sudah membuat perut kenyang. Cocok buat nan sedang melakukan program diet. Apalagi kandungan gizi kentang juga tak diragukan lagi.

Nah, itulah beberapa cara membuat onde-onde. Anda boleh mencobanya sendiri. memanfaatkan waktu luang di rumah sambil memasakkan buat keluarga lebih menarik dan seru. Apalagi dinikmati bersama sambil minum teh hangat, sembari duduk di taman depan rumah. Sambil cengkrama bersama keluarga. Melihat Tielevisi bersama keluarga sambil menjadikan onde-onde protesis kita sebagai camilan tentu akan menyenangkan. Selamat mencoba!

advertisements

Tips Sehat

advertisements