Kandungan Gizi Buah alpukat

Kandungan Gizi Buah alpukat



Asal Usul Buah Alpukat

Buah alpukat atau avokado merupakan istilah nan pada awalnya digunakan oleh suku Aztek nan terdapat di wilayah Meksiko dan Amerika Tengah. Buah ini memiliki banyak khasiat sehingga diperkenalkan oleh masyarakat Meksiko kepada penduduk Spanyol nan datang ke wilayah mereka.

Selain memperkenalkan buah nan kaya akan khasiat ini juga mereka memperkenalkan cokelat, jagung, dan kentang pada masyarakat Eropa. Setelah itu, barulah buah tersebut dikenal oleh masyarakat dari seluruh penjuru dunia.



Kandungan Gizi Buah alpukat

Setiap orang nan mengerti gizi dan vitamin tentu akan mempertanyakan kandungan gizi dari apa nan dikonsumsinya. Kandungan gizi tersebut juga terdapat dalam buah alpukat nan sedang kita bicarakan ini. Buah ini membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 9 bulan setelah dipetik buat menjadi matang dan siap dikonsumsi.

Daging buah alpukat sangat mudah dicerna dan memiliki kandungan energi nan tahan lama sehingga buah ini dijadikan sebagai cadangan energi bagi mereka nan suka beraktivitas lebih. Kandungan karbohidrat dan protein di dalamnya nan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Oleh karena itu, buah ini juga sering digunakan sebagai bahan makanan buat bayi nan masih berumur di bawah tiga tahun.

Selain itu, buah alpukat juga memiliki kandungan gizi asam lemak tidak jenuh nan berfungsi buat membantu memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh. Dengan begitu, Anda tak perlu takut lagi dengan mitos nan menyebutkan bahwa buah alpukat membuat tubuh menjadi gemuk.

Lantas kandungan kalori dan pitasium nan terdapat di dalam buah ini juga lebih banyak dibandingkan dengan buah lainnya sehingga minberal besi dan tembaga, serta fosfor di dalamnya juga lebih banyak.



Kandungan Gizi Jus Alpukat

Minuman jus alpukat banyak mengandung berbagai zat nan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jus alpukat ialah minuman nan kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, dan vitamin E. Selain itu, jus alpukat mengandung berbagai zat dan mineral lain seperti protein, karbohidrat, lemak tidak jenuh, asam oleat, zat besi, fosfor, kalsium, dan juga serat/fiber.

Untuk lebihy jelasnya lagi, berikut ialah beberapa kandungan jus alpukat nan sangat krusial buat didapatkan oleh tubuh manusia.

1. Protein

Kadar asam amino 18 nan terdapat di dalam jus alpukat akan memberikan protein nan mudah diserap oleh tubuh dan berubah menjadi energi nan siap buat digunakan dalam beraktivitas. Jenis protein ini juga dapat digunakan buat orang nan ingin melakukan diet sehat. Jadi, jika Anda ingin melakukan diet sehat, konsumsi saja jus alpukat secara rutin.

2. Lemak Tak Jenuh Bermanfaat

Lemak tidak jenuh nan terdapat di dalam buah alpukat akan tersaji juga saat Anda membuat jus alpukat. Lemak ini berfungsi buat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah shingga tubuh akan terhindar dari rangsangan radikal bebas pemicu kanker. Lemak tersebut juga bisa membuat Anda terlihat awet muda sebab dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh nan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.

3. Karotenoid

Kandungan karotenoid di dalam buah alpukat juga akan tetap ada saat buah tersebut disajikan dalam bentuk jus alpukat. Kandungan tersebut berfungsi buat menjaga kesehatan mata dan bagian tubuh lain nan membutuhkan asupan vitamin A.

4. Anti-inflamasi

Kombinasi kandungan gizi vitamin C, E, karotenoid, selenium, seng, potosterol, dan omega 3 asam lemak nan terdapat di dalam jus alpukat dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai macam jenis peradagang.
Berbahagialah bagi Anda nan suka mengkonsumsi jus Alpukat. Selain rasanya nan enak, banyak kegunaan jus alpukat nan dapat Anda peroleh sebab kandungan gizinya nan beragam. Alpukat nan mempunyai nama latin Persea Americana Mill ini, terdiri atas 70% air, 20 % lemak dan 10 % mineral – mineral.
Jus Alpukat sangat bagus buat dikonsumsi setiap hari dan sangat cocok bagi Anda nan bergolongan darah A, sebab mendorong suasana basa di dalam tubuh.



Manfaat Buah Alpukat

Alpukat mengandung lemak tidak jenuh nan mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga, meskipun Anda mengkonsumsinya setiap hari, tak akan menaikkan berat badan Anda. Lemak Alpukat sama dengan lemak pada minyak Zaitun nan sehat dan berdampak positif buat tubuh. Lemak ini juga berguna buat menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker, stroke dan darah tinggi.

Alpukat sangat dianjurkan buat penderita diabetes sebab kandungan karbohidrat dan gula buahnya nan sedikit, tetapi banyak mengandung serat selulose. Begitupun jika Anda ingin merawat kulit, Alpukatlah jagonya. Campuran vitamin A dan E nya sangat bermanfaat buat menghaluskan kulit, mengencangkan, membuat kulit menjadi kenyal, dan menghilangkan kerut di paras sehingga terlihat segar dan awet muda.

Zat besi nan terkandung di dalamnya juga sangat berguna buat meregenerasi sel darah merah, sehingga dapat mencegah penyakit anemia. Kandungan Vitamin B6, juga berkhasiat buat meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) nan umumnya diderita wanita setiap bulan.



Cara Membuat Jus Alpukat

Untuk mendapatkan kegunaan Jus Alpukat dengan maksimal, maka perlu diperhatikan cara membuatnya :

  1. Cuci 100 gram Alpukat matang dan segar dengan air mengalir.
  2. Buang bijinya dan ambil daging buahnya.
  3. Potong kecil – kecil kemudian blender.
  4. Ketika memblender, tambahkan air atau susu kedelai sedikit hingga 50cc.

Jus ini diminum satu gelas sehari pada siang atau malam hari sesudah makan. selain dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh, buah alpukat juga dapat digunakan buat perawatan kecantikan, lho. Caranya ialah dengan menggunakan buah tersebut masker buat paras dan tubuh Anda. Kelembutannya akan membuat tubuh dan kulit Anda sehat, lembut, bercahaya, kenyal, dan memesona.


Nah, banyak sekali bukan kegunaan nan dapat kita dapatkan dari jus Alpukat? Mengonsumsinya secara rutin akan menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kita, apalagi jenis buah alpukat ini mudah didapatkan di pasaran. Mengapa tak bersegera menjadikan jus Alpukat sebagai daftar menu makanan Anda sehari – hari? Tunggu apa lagi!

advertisements

Tips Sehat

advertisements