Solusi Mengatasi Siklus Tak Normal

Solusi Mengatasi Siklus Tak Normal

Wanita diberi Tuhan keistimewaan haid atau menstruasi sehingga menunjukkannya sebagai wanita nan sehat. Namun menstruasi ternyata memiliki siklus normal dan siklus tak normal. Untuk siklus normal berkisar antara rentang hari 21 sampai 35 hari per periode menstruasi. Sedangkan siklus tak normal terbagi kepada dua. Ada siklus panjang dan ada siklus pendek.



Penyebab dan Imbas Siklus Panjang

Siklus panjang maupun siklus pendek terjadi dampak adanya penyimpanan dalam metabolisme dan sistem hormon. Bagi wanita nan sudah menikah, dengan adanya siklus nan tak normal ini, dapat menghambatnya buat dapat hamil, baik bagi nan baru mau memiliki anak, ataupun nan sudah memiliki beberapa anak. Bila siklus ini terjadi pada wanita, maka hal tersebut menunjukkan bahwa telur sporadis diproduksi, dan dengan cara pembuahan juga akan sangat jarang.

Efek lain dari memiliki siklus nan tak normal ini adalah, akan sulitnya menentukan kapan masa fertile dan kapan masa tak suburnya. Inilah nan membedakannya dengan siklus teratur. Masa penentuan masa suburnya dapat dengan gampang diprediksikan. Misalnya saja, jika seorang wanita memiliki siklus 30 hari, masa suburnya dapat diprediksi sekitar 16 hari setelah hari pertama menstruasinya.

Berbeda dengan siklus tak normal. Sangat sulit buat memprediksi kapan masa suburnya. Pasalnya tak ada rumus nan bisa digunakan buat menentukan kapan masa suburnya. Untuk mengatasi masalah ini, dapat mendatangi dokter dan menanyakan solusi apa nan bisa dilakukan agar memiliki siklus normal.



Solusi Mengatasi Siklus Tak Normal

Selain ke dokter, ada juga beberapa cara nan dapat dilakukan buat mengatasi siklus tidak normal. Penanganan nan dilakukan bukan berdasarkan siklusnya tapi berdasarkan penyebab siklusnya. Karena siklus tak normal itu lebih cenderung dampak psikis. Para dokter juga akan mengajari cara mengatasi siklus tak normal dengan cara berikut.



Perbaikan hormonal

Menstruasi sangat erat hubungannya dengan hormonal nan terdapat di otak, tepatnya pada kelenjar hipofisis. Dalam prosesnya, ada frekuwensi nan dikirimkan sistem hormonal ke ovarium dalam hal menghasilkan telur. Saat sistem ini terganggu, maka efeknya siklus menstruasi pun menjadi terganggu. Untuk menanganinya ialah dengan menambahkan hormon. Misalnya saja defesiensi estrogen ditambahkan dengan hormon estrogen.

Bukan saja kekurangan hormonal nan menyebabkan siklus menstruasi terganggu. Kelebihan hormonal juga memperngaruhi, maka nan harus dilakukan ialah dengan mengembalikan hormon pada posisinya nan tepat. Umumnya, dokter akan memberikan obat-obatan buat menstabilkan posisi hormon.



Perbaikan Metabolisme

Kondisi fisik wanita juga dapat menjadi penyebab terjadinya siklus tidak normal, baik kondisi fisiknya kegemukan atau terlalu kurusan. Kenapa kondisi fisik mempengaruhi siklus haid? Alasannya, metabolisme dalam tubuh tak bisa berfungsi atau bekerja dengan baik. Demikianlah halnya dengan wanita nan menderita diabetes, ia memiliki sistem metabolisme nan tidak normal, sehingga siklus menstruasinya pun terkena efeknya.

Untuk menanganinya, bagi nan kegemukan hendaklah melakukan diet ketat dan benar. Akan lebih baik, bila dietnya dilakukan dengan donasi dokter gizi. Pasalnya, mereka akan memberikan rekomendasi makanan apa nan layak dikonsumsi buat menghasilkan diet nan baik. Diet nan baik akan berdampak pada siklus menstruasi nan normal.

Sangat mungkin, bila diet nan dilakukan sukses dan siklus haidnya kembali normal, maka kesempatan buat mempunyai anak juga ada. Cukup banyak wanita nan putus harapan ketika ia mengalami diabetes. Padahal, buat mengatasinya hanya dengan datang ke dokter gizi minta resep makan diet nan cocok buat tubuh.



Mengatasi Stress

Stress memang menjadi biang segala hal. Penderita sakit maag dapat disebabkan sebab stress. Siklus haid tak normal juga dapat disebabkan sebab stress. Stress di sini lebih dipicu oleh terganggunya metabolisme dalam tubuh.
Stress bukan saja sebab pikiran.

Stress dapat terjadi sebab seorang wanita terlalu capek, berat badan menurun secara drastis, badan suka sakit-sakitan. Inilah nan membuat metabolisme terganggu sehingga siklus menstruasi pun menjadi tak normal. Untuk penanganannya, tentu saja dengan menyelesaikan masalah nan menyebabkan stress.

Bila tak dapat diselesaikan dengan sendiri, tentu Anda harus meminta donasi psikologis buat menyelesaikannya. Stress parah akan bisa meningkatkan hormon CRH atau kortisol. Jelas saja, ini memberikan akibat pada produksi hormon reproduksi. Maka dari itu, siklus menstruasi tidak normal pun terjadi.



Kelenjar Gondok

Gangguan kelenjar gondok atau fungsi tiroid bisa menyebabkan siklus haid menjadi tak teratur. Dapat jadi gangguan produksi tiroid nan begitu tinggi (hipertirodisme) ataupun terlalu rendah (hipotirodisme). Kedua gangguan tersebut dapat menyebabkan terganggunya sistem hormonal.

Jika penyebab tak teraturnya siklus menstruasi disebabkan hormon tiroid nan begitu tinggi, maka perlu dilakukan pemberian obat penurunan fungsi tiroid agar kembali normal. Demikian halnya dengan jika hormon tiriod begitu rendah, maka harus dilakukan pemberian obat nan bisa menaikkan hormon tiroid . Tujuannya sama, agar kembali normal.



Kelebihan Hormin Prolaktin

Hormon prolaktin terlalu tinggi dapat menyebabkan siklus menstruasi tak teratur. Karena kelainan pada kelenjar pituitari nan terdapat di kepala. Hormon prolaktin terlalu tinggi. Bagi ibu nan sedang tak menyusui ialah hal nan tak baik. Sedangkan bagi ibu nan menyusui, produksi hormon prolaktinnya terlalu tinggi tak menjadi masalah. Masalahnya hanya terjadi pada wanita nan sedang tak menyusui.

Maka dari itu, penanganan nan perlu dilakukan ialah dengan berobat ke dokter. Karena penyebabnya hanya ada dua. Jika tak stres, atau akibat psikologis nan parah, dapat jadi sebab ada tumor pada kelenjar pituitari. Hanya obat dokter nan bisa memberikan solusi agar hormon prolaktin menjadi tak hiperbola dan siklus menstruasi pun menjadi normal kembali.



Terlalu Ingin Hamil

Ternyata, wanita nan begitu berharap cepat hamil dapat menghambat siklus haidnya menjadi tak normal. Sejatinya, masalah ini terjadi sebab stress nan begitu berat. Stress memikirkan sudah bertahun-tahun menikah, namun tak juga dikaruniai anak. Sudah berobat ke dokter dan melakukan majemuk cara buat dapat hamil .

Namun nan terjadi malah sebaliknya, siklus haid menjadi tak normal. Bila siklus haid tak normal maka taraf kesuburannya sulit ditebak. Oleh sebab itu, buat menyelesaikan masalah ini hanya dapat dilakukan dengan memberikan ketenangan padanya. Jangan terlalu emosi dengan kondisi nan terjadi atau dengan ucapan banyak orang. Pasalnya, stress ialah penyebab primer terjadi siklus nan tak normal.

Kadangkala, wanita perlu menstabilkan emosinya agar cepat memiliki anak. Selain itu, melakukan pencatatan nan rutin tentang masa haid dan siklusnya juga penting. Dalam agama pun, wanita bila ingin segera hamil perbanyak mendekatkan diri kepad Sang Penguasa.

Karena hanya penguasa nan mampu membantu wanita buat dapat selalu dalam kondisi stabil. Sehingga stress nan menjadi penghalang atau penyebab sulitnya mendapatkan masa fertile menjadi kendala. Karena itu, perbanyaklah berdoa dan beribadah kepada Sang Maha Kuasa. Bagi nan beragama Islam , ditambah lagi dengan lebih memperbanyak membaca al-Qur’an. Pelajari juga kisah Ibrahim as. dikarunai anak.

Inilah artikel sederhana nan mengupas siklus panjang. Siklus nan tergolong tak normal pada wanita. Semoga bermanfaat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements