Madu dan khasiatnya

Madu dan khasiatnya

Madu ialah cairan nan dihasilkan oleh lebah. Madu ialah satu salah produk alam nan sangat diberkahi. Disamping madu ada zaitun. Buah satu ini juga merupakan produk alam nan sangat diberkahi oleh Tuhan. Keberkahan keduanya tercermin dari khasiatnya masing-masing nan begitu banyak. Mulai dari buat kesehatan hingga buat kecantikan. Sejak dahulu, kecantikan merupakan kapital primer bagi kaum hawa. Pentingnya kecantikan membuat kaum wanita melakukan berbagai cara buat menjaga estetika tubuh dan kecantikan kulit. Salah satu ramuan tradisional nan sejak dulu dipercaya buat menjaga kecantikan ialah madu. Manfaat madu buat kecantikan sangatlah banyak.



Madu nan Ajaib

Kalau zaitun nan diolah baik menjadi manisan maupun minyak, penuh dengan manfaat, madu juga seperti itu. Alam memberikan begitu banyak kegunaan nan tidak terkirakan. Madu memiliki kemampuan buat menarik serta mengikat kelembaban. Kemampuan kulit mempertahankan kelembaban merupakan faktor krusial buat menjaga kekenyalan dan kelembutan. Pertambahan usia akan membuat kulit kehilangan kemampuan mengikat air sehingga kulit menjadi kering dan keriput.

Tidak ada nan mau memiliki kulit nan keriput. Hal ini tak hanya dirasakan oleh kaum wanita, kaum laki-laki juga begitu. Berbagai perawatan kecantikan spesifik buat kaum Adam ini pun telah banyak nan beredar di pasaran. Bahkan ada spa dan salon nan menyediakan layanan spesifik bagi kaum laki-laki. Mereka seolah tidak mau kalah dari kaum wanita. Ternyata banyak juga laki-laki nan merasa kurang percaya diri ketika istri atau pasangannya terlihat jauh lebih muda dibandingkan dirinya.

Selain perasaan rendah diri itu, perawatan tubuh juga diyakini dapat meningkatkan kualitas hayati sebab lewat pijatan nan ringan itu bisa memperlancar peredaran darah. Sayangnya, salon-salon nan menyediakan pelayanan buat laki-laki ini ternyata sporadis sekali nan melengkapi dengan karyawan laki-laki tulen nan menjadi pemberi perawatan. Biasanya nan memberikan pelayanan perawatan itu masih juga wanita atau kalau laki-laki, karyawan laki-laki itu cukup kemayu dan terkadang juga malah memiliki kelainan seksual. Hal ini cukup menggangu keberdaan spa atau salon nan juga memberikan pelayanan spesifik buat laki-laki.

Kalau saja baik laki-laki nan membutuhkan perawatan dan pemilik spa atau salon nan menyediakan perawatan itu paham hukum agama, mereka tak akan melakukan hal-hal nan melanggar syariat. Memang akan lebih baik bahwa pelayanan bagi laki-laki diberikan oleh laki-laki nan benar-benar laki-laki dan bukan laki-laki nan menyerupai perempuan. Hal ini krusial buat menjaga prestise masing-masing dan tak tergoda buat melakukan hal-hal nan akan menjerumuskan jiwa.

Kalau pun laki-laki tak mau ke salon atau spa sebab beberapa faktor, mereka dapat saja melakukannya di rumah bersama dengan istrinya. Bila perlu si laki-laki melakukan perawatan sendiri terhadap paras dan tubuhnya. Perawatan nan menggunakan madu ini cukup mudah dan tak terlalu membutuhkan waktu lama. Melakukannya juga dapat sambil melakukan pekerjaan lain sehingga tidak akan memakan waktu produktif nan lain.

Untuk perawatan dari dalam, minumlah madu minimal tiga sendok sehari. Lalu sebelum tidur, sempatkanlah melakukan pembersihan pada paras sambil mengoleskan masu sebagai masker. Tidak harus terlalu lama. Selama 10 menit saja sudah cukup. Hindarkan tidur terlalu malam atau bahkan lewat tengah malam sebab menonton sepakbola, misalnya. Kelembaban kulit itu juga sangat tergantung dengan faktor gaya hidup. Sering keluar malam, merokok, dan berdekatan dengan orang nan merokok, telah mampu membuat kulit cepat kering. Debu nan menerpa paras dalam perjalanan juga dapat membuta kerutan paras sangat terlihat. Disamping cara mengusapwajah baik setelah mandi maupun ketika berkeringat juga dapat menyebabkan kerutan semakin tampak.

Untuk memperlama melihat kekenyalan wajah, ada baiknya memanfaatkan madu sebaik mungkin. Manfaat madu nan sangat banyak ini memang harus dipelajari agar tak tak ketinggalan dalam menggunakan khasiat nan telah diberikan oleh alam melalui produksi madu nan berlimpah. Yang menjadi hambatan biasa ialah harga madu orisinil nan sangat mahal. Madu campuran pollen orisinil bisa mencapai harga Rp 100 ribu lebih. Sedangkan madu biasa dengan rasa rambutan sebab memang berasal dari pohon rambutannya, sebaik 600 ml, dijual dengan harga Rp 55 ribu.

Harga seperti ini memang terasa mahal bagi sebagian orang. Tetapi kalau uang buat membeli madu ini berasal dari uang nan biasa dibelikan rokok atau uang nan sering digunakan buat membeli makanan dan minuman nan merusak tubuh, rasanya membeli madu jauh lebih berharga daripada membeli hal-hal nan dilarang agama. Kesehatan dan kecantikan didapatkan dan dosa pun terhindarkan.



Madu dan khasiatnya

kecantikan itu memang dapat memberikan rasa percaya diri nan tinggi. Bayangkan kalau ada orang nan membatalkan janji berjumpa dengan teman lamanya hanya sebab ia sedang berjewarat. Sesuatu nan bukan biasa. Tetapi ternyata merasa cantik itu dapat membuat rasa percaya diri sangat tinggi. Orang rela melakukan banyak hal agar tetap terlihat cantik dan awet muda. Mereka juga menjaga dirinya denagn hayati sehat, seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan nan sehat.

Faktor lingkungan nan tak sehat juga memberikan pengaruh tak baik bagi kulit. Memakan makanan nan mengandung antioksidan seperti kacang-kacangan dan buah-buahan ialah salah satu langkah nan banyak diambil oleh orang-orang nan sangat memperhatikan kecantikan dan kesehatan mereka. Tanpa sehat, kecantikan tidak akan didapatkan. Jadi, mau cantik, harus sehat.

Oleh karena itu, banyak hal nan harus diperhatikan. Salah satunya kulit. Inilah bagian terluar dari tubuh nan akan dilihat oleh orang lain pertama kalinya. kulit memerlukan perawatan ekstra agar terhindar dari pengaruh buruk. Madu ialah pilihan primer buat merawat kecantikan sebab mengandung zat alami nan bisa membantu fungsi tubuh buat melembabkan kulit.
Berikut ini merupakan beberapa khasiat madu buat kecantikan.



Masker Madu

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa masker madu berkhasiat buat menghambat penuaan dini dan mencegah kulit keriput. Caranya, oleskan madu murni pada seluruh bagian wajah, kecuali area mata dan bibir. Diamkan sekitar 15 menit atau hingga mengering. Setelah kering, basuh paras dengan air hangat.

Kalau ingin mendapatkan hasil nan lebih bagus dan tahan dingin, basuh dengan air es. Es dapat membuat pori-pori mengecil. Pori-pori paras nan mengecil akan membuat kulit paras terlihat lebih higienis dan lebih kedap serta lebih kenyal sehingga akan terlihat lebih putih. Kalau sudah terlihat lebih putih, itu artinya perawatan nan dilakukan cukup berhasil.



Mandi buat Kulit Berkilau

Madu bisa memberikan imbas luar biasa bagi kulit, yaitu membuat kulit berkilau, lembap, dan lembut. Caranya sangat mudah. Saat mandi, oleskan madu ke seluruh permukaan kulit sambil ditepuk-tepuk. Lakukan penepukan hingga madu mengering. Saat ditepuk-tepuk, madu akan mengering dan lengket di kulit. Setelah selesai, basuh seluruh tubuh dan rasakan sensasinya.



Mandi Madu

Poin ini berbeda dengan poin sebelumnya. Mandi madu dilakukan dengan mencampurkan ¼ hingga ½ cangkir madu ke dalam air nan kan dipakai mandi. Mandi madu berkhasiat buat melembutkan kulit.



Scrub Madu

Madu berguna pula buat mengangkat sel kulit mati. Caranya, campurkan 1 sendok teh madu dengan sedikit tepung almond di telapak tangan. Gosokkan campuran tersebut ke bagian paras secara perlahan. Setelah selesai, basuh paras dengan air hangat.



Pembersih Paras Setiap Hari

Membersihkan residu make up merupakan salah satu cara nan lazim dilakukan kaum wanita dengan susu pembersih dan toner . Namun, Anda dapat mendapatkan hasil nan sama dengan madu. Caranya, campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk pada telapak tangan. Oleskan pada paras buat membersihkan kotoran dan residu make up. Basuh dengan air hangat hingga bersih.



Toner Kulit

Anda niscaya sangat akrab dengan toner nan berupa cairan atau alkohol. Namun, Anda bisa melakukannya dengan madu. Caranya, campurkan 1 buah kulit jeruk dengan 1 sendok makan madu. Kemudian, blender hingga halus. Secara perlahan, oleskan campuran pada wajah. Diamkan sekitar 15 menit. Setelah kering, basuh paras dengan air hangat. Hasilnya, kulit menjadi kencang, lembut, danlembap.

Itulah beberapa manfaat madu buat kecantikan Anda. Dibanding harus mengeluarkan biaya lebih buat melakukan perawatan spa, lebih baik Anda memanfaatkan khasiat madu. Semoga bermanfaat!

advertisements

Tips Sehat

advertisements