Kandungan Bubur Gandum

Kandungan Bubur Gandum

Apa sih nan tak diusahakan demi menjaga kebugaran tubuh dan terbentuknya fisik nan oke? Makanan langsung menjadi pusat perhatian ketika mulai memikirkan hal tersebut. Bagaimana tidak, inilah nan sehari-hari kita persiapkan sebelum memulai aktivitas. Setiap pagi, biasanya makanan seperti bubur dan roti sudah tersedia buat disantap sebagai bekal energi nan cukup tersimpan dalam perut sampai waktu makan siang nanti. Salah satu pilihannya ialah bubur gandum



Keutamaan Gandum

Gandum ialah homogen bahan pangan biji-bijian nan hampir setara dengan jagung, padi ataupun singkong. Yang semuanya ialah jenis pangan nan memiliki kandungan karbohidrat nan dibutuhkan oleh tubuh.

Namun gandum, memiliki kandungan nan dapat dikatakan lebih baik dari semua jenis biji-bijian bahan pangan tersebut. Karena gandum memiliki serat nan lebih awet buat dicerna di dalam tubuh. Sehingga perut Anda merasakan kenyang nan lebih awet dibandingkan dengan makan nasi dari padi biasa.

Gandum atau oat juga disinyalir sebagai salah satu jenis pangan nan sangat baik buat memusnahkan atau meminimalisir penumpukan kolesterol dursila di dalam tubuh. Setidaknya kestabilan di dalam tubuh akan terjaga dengan Anda mengkonsumsi gandum, seberapa banyak pun makanan mengandung lemak nan Anda konsumsi.

Karena itu membiasakan diri buat makan atau mengkonsumsi bubur gandum sebanyak tiga hingga empat cangkir oat setiap hari ialah sangat baik. Selain menjadi Norma hayati sehat nan baik, Anda pun akan terhindar dari berbagai penyakit lain nan mengintai.

Disinyalir bahwa penyakit-penyakit mematikan, awalnya ialah berhubungan dengan genre darah. Yakni, penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol, asam urat, dan diabetes. Salah satu antisipasinya ialah mengatur asupan zat makanan nan sarinya masuk ke dalam jalan darah Anda tersebut. Dan gandum termasuk jenis makan nan memiliki daya serap nan tinggi dan cepat.



Kandungan Bubur Gandum

Bubur gandum mengandung karbohidrat sebagai sumber energi primer nan kaya serat. Tanaman gandum memiliki biji bagian dalam nan disebut groats, dilapisi oleh kulit luar atau oatbran nan kemudian diolah menjadi sereal tanpa menghilangkan sumber seratnya. Serat inilah nan berfungsi menyerap kolesterol dursila atau LDL ( low density lipoprotein ) dalam darah dan mempertahankan kolesterol baik atau HDL ( high density lipoprotein ) tetap stabil.

LDL atau kolesterol dursila ini memang sudah lama amat ditakuti oleh para pasien nan menderita sakit jantung, kencing manis, ataupun asam urat, dan para pasien manula. Juga cukup menarik perhatian para dokter, pakar kesehatan serta para pakar gizi dan juga para peneliti dan pengamat masalah kesehatan dunia.

Karena itu nan harus Anda perhatikan dan pertimbangkan adalah, masalah asupan gizi nan masuk ke tubuh Anda. Karena hanya Anda sendiri nan tahu, apa saja nan masuk ke dalam perut Anda. Sehingga bertindak bijaksana dalam hal makanan ialah langkah baik menuju kehidupan nan lebih sehat.

Agar asupan gizinya seimbang, sebaiknya Anda mulai memperhatikan isi atau kandungan makanan. Bubur gandum dapat dijadikan alternatif makanan sehat dengan serat tinggi nan sangat baik bagi metabolisme tubuh, terutama sistem pencernaan. Makanan nan baik bagi kesehatan ialah nan mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah seimbang dengan nan kita perlukan.

Di dalam semangkuk bubur gandum nan Anda konsumsi biasanya mengandung beta glucan , atau serat larut. Yang memiliki pengaruh menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Dan bubur nan terbuat dari gandum juga mampu menekan meningkatnya trigliserida , yakni homogen lemak di dalam darah nan bisa merusak pembuluh arteri Anda.



Terhindar dari Penyakit

Sering disinggung oleh media kesehatan ataupun dokter nan merawat Anda, tentang jenis-jenis makanan nan sangat baik diserap oleh tubuh. Serta mampu menahan agresi kolesterol dursila nan tersimpan dalam tubuh Anda.

Jenis-jenis makanan tersebut adalah: kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang tanah, kacang mede, kacang almond, dan kacang kenari), ikan dan omega-3 (ikan salmon dan telur), buah dan sayuran (alpukat, bayam, bawang putih), teh, margarine, oat, kayu manis serta biji-bijian. Dan rupanya gandum (oat) termasuk juga di dalam jenis makanan penahan agresi kolesterol dursila tersebut.

Khusus buat biji-bijian, ialah termasuk juga biji coklat dan semua pangan olahannya dalam porsi tertentu. Yang paling baik ialah coklat hitam atau coklat pahit. Bukan coklat nan ditambahkan dengan susu.

Penjelasan di atas memiliki makna bahwa dengan mengkonsumsi gandum sekali waktu ialah cukup baik buat menahan proses agresi kolesterol dursila dalam tubuh. Namun apabila mengkonsumsi gandum secara intensif akan lebih baik lagi hasilnya. Anda benar-benar akan terhindar dari penumpukan kolesterol dursila di dalam tubuh.

Apa sebenarnya kelebihan dari gandum sebenarnya? Salah satunya ialah sebab gandum ialah panganan nan cukup mengandung banyak serat serta bernutrisi.

Berserat dan penuh nutrisi. Itulah citra gandum nan menurut sebagian besar spesialis gizi klinis bisa membantu mereka nan ingin bergaya hayati sehat. Serta jugan terhindar dari naiknya kolesterol, nan biasanya disusul dengan agresi jantung koroner.

Bubur gandum yang dikonsumsi secara teratur sebanyak 70 gram setiap hari ternyata sangat ampuh menarik kolesterol keluar dari dalam tubuh. Serta menjaga kadar kolesterol itu tetap stabil sebanyak apapun makanan berlemak nan Anda konsumsi.

Namun, alangkah bijaknya jika sudah mengonsumsi makanan sehat seperti oat ini, Anda pun perlu memulai program sehat lain. Seperti, pandai memilih makanan dengan mengurangi makanan nan disinyalir banyak mengandung lemak dan kolesterol. Selanjutnya berolahraga nan teratur, istirahat nan cukup, dan tetap positive thinking .

Bubur gandum juga sangat baik bagi para penderita diabetes. Kadar gula darah mereka nan mengonsumsi oat secara rutin cenderung lebih rendah. Cocok sekali bagi Anda nan menderita diabetes sebab mampu menurunkan taraf gula darah tinggi. Kandungan protein dan gizi, seperti zinc, selenium, magnesium, besi, tembaga, dan vitamin E, juga terdapat dalam oat. Hampir bisa dipastikan imbas samping bagi mereka nan menggemari makanan sehat satu ini ialah tubuh bugar dan jauh dari berbagai macam penyakit.



Olahan Gandum

Gandum sendiri tak hanya diolah dalam bentuk serela, tetapi dalam bentuk bahan makanan seperti berikut ini.

  1. Quick oat . Bentuknya kering dan pipih serta sering dijadikan bahan pembuat kue.
  2. Rolled oatmeal. Ketika diproses dalam pabrik, sudah dalam bentuk dimasak dan kering serta cocok dijadikan sereal dan bahan pembuat kue.
  3. Scotch oat . Lebih halus dari rolled oatmeal dan biasa disajikan dengan dicampur air hangat.
  4. Whole oat. Masih dalam keadaan mentah dengan kandungan serat nan cukup tinggi.
  5. Instant oat. Oat ini nan sehari-hari kita konsumsi dan penyajiannya juga mudah, tinggal mencampur air panas. Terkadang, ditambahkan rasa lain dalam kemasannya.

Nah! Kini setelah Anda mengetahui dengan jelas tentang kelebihan dan kegunaan gandum. Jangan ragu lagi, apabila Anda sedang kurang enak badan, maka segeralah seduh bubur gandum dan konsumsi secukupnya. Tindakan ini pun bisa pula dijadikan Norma hayati sehat pula buat seterusnya.

advertisements

Tips Sehat

advertisements