Resep Donat Kentang

Resep Donat Kentang

Donat merupakan makanan ringan kegemaran siapa pun. Makanan berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya ini dapat dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Kaya, miskin, tua, dan muda, suka donat. Makanan ini terbuat dari adonan tepung nan dicampur dengan gula, telur, dan mentega, lalu digoreng. Secara umum, dasar resep donat tak pernah berubah dari masa ke masa. Perubahan nan terjadi biasanya pada bahan tambahan lain. Penemuan dan variasi juga dilakukan agar donat tetap eksis dan tak kalah saing dengan kue-kue baru nan banyak bermunculan.



Variasi Donut dan Resep Donat

Tak ada nan berani memastikan dari mana kisah lubang donat berasal. Ada nan mengatakan bahwa lubang itu terjadi sebab ‘kecelakaan’ saja. Ada nan mengatakan lubang itu memang dibuat. Apapun inti kisah lubang dalam kue donat, nan niscaya ialah rasa kue satu ini memang khas dan sering membuat kangen. Para penjual donat nan bejibun pun tidak harus kehabisan rezeki donatnya tidak laku. Harga donat nan majemuk itu juga membuat kepopuleran donat menjadi semakin lancar saja.

Bentuk dari kue donat kini mulai bervariasi. Ada variasi bentuk donat nan tak lagi berlubang ditengahnya. Ada juga bentuk donat lain nan memiliki bentuk-seperti bunga. Perubahan pun bukan hanya terjadi pada bentuk donat. Resep donat, serta hiasan nan biasa ada di atasnya pun sudah banyak dikembangkan. Semua itu bermodalkan kreativitas dan eksperimen. Penemuan ini memang wajib diciptakan. Cita rasa nan majemuk juga membuat para penikmat donat tidak pernah kehilangan selera buat menyantap makanan imut ini.

Ada donat dengan harga Rp 9 ribu, ada juga diberi bandrol hanya 1000 perak. Donat dengan harga nan tinggi, tentunya mempunyai tekstur nan lembut dan begitu renyah serta lumer di mulut. Taburan atasnya atau bahasa kerennya ‘topping’ nan beraneka macam menyesuaikan dengan selera. Sedangkan donat dengan harga 1000 perak biasanya agak keras dan hanya bertabur gula halus. Jangan ditanya ketika donat 1000 perak ini telah dingin dan membelinya disore hari. Teksturnya jadi keras. Kalau buat mengganjal perut, donat harga 1000 perak ini cukup lumayan sebab kandungan karbohidratnya cukup mampu menjadi pengganjal perut. Tidak heran kalau donat 1000 perak masih saja dijual oleh para pedagang kue tradisional.

Untuk mendapatkan rasa donat nan sinkron dengan selera memang tak mudah. Apalagi kalau mau mencari cita rasa nan pas buat banyak orang. Berbagai eksperimen dan dosis niscaya harus dicoba agar mendapatkan donat nan pas dengan selera dan harganya disenangi oleh masyarakat.

Sama seperti kue-kue kebanyakan, resep donat nan ada di pasaran dapat dipraktikkan di rumah. Resep dasar donat sangat sederhana. Bahan-bahan pembuatannya pun mudah didapat. Membuat donat di rumah, memungkinkan Anda buat melakukan berbagai variasi dengan menggunakan bahan-bahan campuran lain.

Variasi resep donat nan banyak digemari belakangan ini ialah resep donat kentang dan donat telo. Resep donat nan mencampurkan kentang dan telo ke dalam adonan memiliki keistimewaan dibanding resep donat biasa. Tekstur donat akan lebih kenyal dan empuk. Selain itu, donat tak mudah basi atau kering dan menghasilkan rona menarik.

Bahan lain nan mengandung karbohidrat mungkin juga dapat dibuat donat. Memang sine qua non ketelatenan demi mendapatkan nan terbaik. Kalau pun nantinya resep itu ditiru oleh orang, hal itu tidak menjadi masalah. Anggap saja sebagai bagi-bagi ilmu dan jangan merasa dicuri. Tuhan tidak tidur dan apapun nan telah dilakukan kalau itu hal baik, niscaya ada ganjarannya. Rezeki tidak akan tertular.



Bisnis Donat – Resep Donat Terbaru dan Taktik Pemasaran

Bisnis donat memang menggiurkan sebab kapital tak terlalu besar tetapi peminatnya banyak. Tetapi hal ini ternyata tak berlaku pasti. Masih harus memikirkan loka dan cara berpromosi nan baik. Contoh nyatanya ialah ketika donat kentang sedang naik daun, salah seorang nan sangat berani berinvestasi, membuat usaha donat kentangnya menjadi sebuah bisnis waralaba. Peminatnya banyak dan bisnis terus bergulir. Ternyata ditengah perjalanannya, bisnis donat kentang ini mengalami kemunduran nan cukup signifikan. Jangankan para pembeli waralaba, pemilik merek dagangnya sendiri bangkrut.

Penjual nan terlalu banyak itu ternyata malah membuat orang terlalu mudah merasa tak berselera lagi membeli donat kentang. Perlu diketahui bahwa donat kentang bukan gorengan nan tidak pernah ada matinya. Rasa donat nan manis dan cepat membuat kenyang ternyata menimbulkan rasa eneg kalau makannya terlalu banyak. Beda dengan gorengan. Setelah berhenti makan sejenak, biasanya orang masih ingin makan gorengan lagi hingga gorengan nan dibeli tandas. Besoknya beli gorengan lagi. Hal ini kurang berlaku kepada donat kentang atau jenis donut nan lainnya. Apalagi donat dianggap sebagai salah satu makanan nan cepat sekali meningkatkan berat badan sebab kandungan kalorinya nan banyak. Gorengan juga sebenarnya mempunyai kandungan kalori nan banyak, tetapi rasa gurih gorengan memang membuat ketagihan.

Kalau ingin berbisnis donat, harus juga dipikirkan jenis makanan lain pendamping donat. Boleh saja menu utamanya donat, tetapi kalau ada menu lainnya nan mempunyai rasa tak manis, hal ini tentunya akan menarik banyak orang buat membeli. Loka nan keren dengan rona nan menarik juga merupakan satu daya tarik tersendiri buat warung donat.

Kadang kala warung donat ini malah kalah bersaing dengan para penjual donut keliling atau para penjual donat dengan menggunakan kendaraan bermotor. Persaingan itu akan membuat semakin kreatif. Asal tak mudah menyerah, suatu hari kelak, niscaya menemukan satu metode penjualan dan pembuatan donat nan disenangi oleh para pembeli. Pemberian diskon dan hadiah menarik dengan pelayanan nan tidak kalah menariknya juga dapat menjadi karakteristik khas warung donat.

Cari loka berjualan nan cukup strategis. Usahakan dekat dengan sekolah atau loka anak-anak muda sering berkumpul. Harus diingat bahwa donat ialah makanan anak muda dan bukan makanan orang tua. Apalagi kalau para senior itu telah menderita penyakit kencing manis nan notabenenya harus mengurangi asupan karbohidrat dan gula. Kalau pun tak berada dekat dengan sekolah atau kampus, taktik pemasaran harus gencar dengan iming-iming fasilitas nan menunjang kegaitan anak-anak muda. Adanya lomba atau pembacaan puisi dan peluncuran buku mungkin juga dapat membuat banyak anak muda nan akan datang dan mencoba resep donat nan dibuat.



Resep Donat Kentang

Membuat donat kentang itu sangat mudah. Bahan nan diperlukan, antara lain 500 gram tepung terigu, 50 gram susu bubuk, ragi instan secukupnya, 250 gram kentang nan sudah lebih dulu dikukus dan dihaluskan, 100 gram gula pasir, 75 gram mentega, setengah sendok teh garam, 5 butir kuning telur, dan air dingin buat mencampurkan bahan-bahan tersebut.

Cara membuatnya cukup sederhana. Campur terigu, kentang kukus, gula, ragi, susu bubuk, kuning, dan air dingin. Kemudian, adoni hingga kalis dan tak lengket. Setelah adonan kalis, masukkan mentega dan garam. Adoni sampai adonan berubah jadi lebih kalis. Diamkan adonan nan sudah kalis selama 15 menit dan tutupi dengan kain basah agar adonan tak kering dan tetap elastis.

Setelah dirasa cukup, bagi adonan menjadi beberapa bagian. Bentuk bulat bagian-bagian tersebut dan diamkan kembali sekitar 20 menit. Setelah adonan lebih mengembang, lubangi tengah adonan menggunakan sumpit dan bentuk lubang menjadi lebih besar. Kemudian, goreng adonan donat ke dalam minyak panas. Angkat, tiriskan, dan hias sinkron selera. Anda dapat menggunakan coklat cair atau gula halus.



Resep Donat Telo

Jika pernah mendengar es krim telo atau mie telo , Anda harus coba resep donat telo . Telo ialah bahasa Jawa dari ubi berwarna ungu. Kandungan gizi nan terkandung dalam telo cukup banyak. Telo mengandung karbohidrat, kalori, vitamin A, vitamin C, thiamin atau vitamin B1, dan riboflavin. Telo juga baik buat antioksidan.

Resep donat telo tak berbeda jauh dari resep donat kentang. Perbedaannya hanya terletak pada bahan campurannya. Kentang nan sudah dikukus diganti dengan telo nan sudah dikukus dan dihaluskan. Donat telo akan lebih menarik secara tampilan. Rona ungu nan terkandung secara alami pada telo akan membuat donat telo memiliki rona ungu. Donat menjadi berwarna cantik tanpa harus menggunakan pewarna buatan.

advertisements

Tips Sehat

advertisements